Langsung ke konten utama

Meramal Bumi 2028

Meramal Bumi 2028



IDENTITAS BUKU

Judul               : Dunia Anna
Penulis             : Jostein Gaarder
Penerbit           : Mizan
Tahun Terbit    : 2015
Cetakan           : IX
Tebal Buku      : 244 halaman

ISI BUKU

Nova adalah seorang anak kecil yang akan genap usia ke 16 tepat pada tanggal 12 Desember 2028. Pada tahun 2028, lingkungan bumi sudah tak seindah dan seramah beberapa dekade sebelumnya. Semua gara-gara pemanasan global. Flora dan fauna tak lagi seragam dulu. Es-es besar di kutub menyusut drastis dari tahun ke tahun. Emirate Arab sudah menjadi padang pasir sejauh mata memandang, tak ada bangunan, hanya pasir. Ya pasir. Hal ini memaksa banyak orang mengungsi ke wilayah utara. Bisa dikatakan hanya orang-orang yang berada di wilayah utara yang tak terlalu merasakan dampak pemanasan global.

Nova merupakan anak kecil yang sangat peduli terhadap keseimbangan ekosistem alam dan juga kelestarian flora fauna yang ada di bumi. Walau masih terbilang belia, Nova selalu mengikuti perkembangan informasi mengenai satwa kritis, terancam punah dan sangat terancam punah. Dia sering melihat gadget miliknya hanya untuk mengetahui hewan apa saja yang telah punah.

Suatu hari, ada hal yang sangat mengejutkan dirinya. Tepat tanggal 12 Desember 2028. Hal itu dimulai pada pagi hari ketika ia tersadar dari tidurnya. Bunyi “PING!!!” membangunkannya. Itu merupakan sebuah pertanda bahwa ada satu spesies hewan yang telah punah di bumi. Ini tentu membuat geram Nova. Rasa itu bercampur dengan rasa sedih tentunya.

Baginya, generasi 2028 berhak untuk menikmati indahnya ekosistem seperti beberapa decade sebelum ia dilahirkan. Keadaan ketika gunung-gunung masih menghijau, es-es raksasa di kutub masih membentang, flora dan fauna meragam di belahan dunia, cuaca tak sepanas dan seganas tahun 2028, dan manusia belum mempermasalahkan istilah pemanasan global.

Tak ingin berlarut dalam kesedihan, Nova mencari keterangan-keterangan tentang keindahan bumi beberapa dekada belakangan melalui gadget miliknya. Dia memutuskan untuk menelusuri keadaan bumi pada 2012. Tahun dimana nenek buyutnya –Anna Nyrud- berusia tepat 16 tahun –sama seperti dirinya.

Nova sedikit penasaran, apakah nenek buyutnya juga mengkhawatirkan hal yang sama seperti dirinya dulu? Atas dasar itulah, Nova mengetik nama nenek buyutnya –Anna Nyrud- pada kolom pencarian pada akses internet. Akhirnya dia menemukan sebuah surat yang ditulis oleh Anna.

Alangkah terkejutnya ia, ketika mendapati surat itu ditujukan kepadanya –Nova. Tepat 12 Desember 2012 (12 12 12), nenek buyutnya –yang bertepatan hari ulang tahun Anna ke 16 sama seperti Nova- menulis surat untuknya. Nova bingung. Apakah benar surat ini ditulis nenek buyutnya?. Bagaimana bisa nenek buyutnya tahu bahwa suatu saat dia akan memiliki cicit bernama Nova. Bagaimana mungkin dia tahu bahwa Nova akan menemukan surat ini? Sungguh tak masuk akal!

Dalam bukunya, Dunia Anna, Jostein Gaarder –penulis novel fiksi terlaris 1995 dan telah diterjemahkan ke lebih dari 50 bahasa, Dunia Sophie- menceritakan sangat detail tentang hipotesanya mengenai keadaan bumi di masa depan -2028. Dia juga menawarkan solusi dari problem pemanasan global dan kerusakan ekosistem. Melalui Nova, dia berhasil membuat penulis terbawa risau akan kelestarian lingkungan di masa mendatang.

Di satu sisi, Jostein Gaarder menceritakan alur yang rumit untuk dipahami, namun di sisi lain sangat menarik dan membuat penulis menebak-nebak kelanjutannya sehingga tak ingin berhenti membaca. Gaya penulisannya –yang khas- ini serupa dengan gaya penulisan novel terdahulunya -Dunia Sophie.

Dalam novelnya ini, bukan hanya tentang lingkungan dan ekosistem, kita juga dipaksa berpikir ulang tentang eksistensi kita di atas bumi. Bukan saja sebagai individu, tapi juga sebagai penghuni bumi yang seharusnya melindungi dan melestarikan bumi. Penulis sangat memberikan apresiasi tinggi terhadap karyanya ini. gagasan-gagasan filsafat semesta tak terasa masuk menembus pikiran penulis.

Namun, Jostein Gaarder masih menyisakan cerita yang menurut penulis masih harus diselesaikan. Entah sengaja atau tidak. Namun, jika tulisan novel ini diteruskan sampai tuntas, penulis sangat berminat untuk membacanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham al-Sharfah

Paham al-Sharfah Oleh: Yudi Setiadi [1] Al-Sharfah terambil dari kata  صرف ( Sharafa ) yang berarti ‘memalingkan’; dalam arti Allah Swt. memalingkan manusia dari upaya membuat semacam al-Qur’an, sehingga seandainya tidak dipalingkan, maka manusia akan mampu. Dengan kata lain, kemukjizatan al-Qur’an lahir dari faktor ekternal, bukan dari al-Qura’an sendiri. [2]             Ada sebagian pemikir yang mengakui ketidakmampuan manusia menyusun semacam al-Qur’an. Menurut mereka, ini bukan disebabkan oleh keistimewaan al-Qur’an, tetapi lebih disebabkan adanya campur tangan Allah Swt. dalam menghalangi manusia membuat semacam al-Qur’an. Paham ini menamai mukjizat al-Qur’an dengan Mukjizat al-Sharfah . [3] Menurut pandangan orang yang menganut al-Sharfah, Cara Allah Swt. memalingkan manusia ada dua macam. Pertama , mengatakan bahwa semangat mereka untuk menantang dilemahkan Allah Swt. Kedua , menyatakan bahwa cara Allah Swt. memalingkan adalah dengan cara mencabut pengetahuan dan ra

منظومة البيقونية (Manzumat al-Baiquniyah) matan dan terjemahan

أَبْـدَأُ بِالحَمْـدِ مُـصَلِّياً علـى * مُحَمَّــدٍ خَيْرِ نَبيِّ أُرْسِلا Aku memulai dengan memuji Allah dan bershalawat atas Muhammad, nabi terbaik yang diutus وَذي مـنْ أقسـامِ الحَديثِ عِدَّهْ * وَكُـلُّ وَاحِـدٍ أَتَى وَعَـدَّهْ Inilah berbagai macam pembagian hadits.. Setiap bagian akan datang penjelasannya أَوَّلُهَا الصَّحِيحُ وَهُـوَ مَا اتَّصَـلّْ* إسْنَادُهُ وَلَمْ يَشُـذَّ أَوْ يُعَـلّْ Pertama hadits shahih yaitu yang bersambung sanad nya, tidak mengandung syadz dan ‘illat يَرْويهِ عَدْلٌ ضَـابِطٌ عَنْ مِثْلِـهِ  * مُعْتَمَـدٌ فِي ضَبْطِهِ وَنَقْلِـهِ Perawi nya ‘adil dan dhabith yang meriwayatkan dari yang semisalnya (‘adil dan dhabith juga) yang dapat dipercaya ke-dhabith-an dan periwayatan nya وَالحَسَنُ المَعْروفُ طُرْقـاً وَغدَتْ * رِجَالَهُ لا كَالصَّحِيحِ اشْتَهَرَتْ (Kedua) Hadits Hasan yaitu yang jalur periwayatannya ma’ruf.. akan tetapi perawinya tidak semasyhur hadits shahih وَكُلُّ مَا عَنْ رُتْبَةِ الحُسْنِ قَصُـرْ * فَهُوَ

Filsafat Parmenides

Filsafat Parmenides Oleh: Yudi Setiadi [1] Biografi Parmenides Parmenides   adalah seorang   filsuf   dari   Mazhab Elea .   Arti nama Parmenides adalah "Terus Stabil", atau "Penampilan yang stabil". Di dalam Mazhab Elea, Parmenides merupakan tokoh yang paling terkenal. [2] Parmenides dilahirkan di kota Elea, Italia Selatan. Ia lahir sekitar tahun 540 SM. [3] Sumber lain mengatakan bahwa ia lahir sekitar tahun 450 SM. [4] Dalam kota tempat lahirnya ia dikenal sebagai orang besar. Ia ahli politik dan pernah memangku jabatan pemerintahan. Tetapi bukan karena itu namanya dikenal. Ia dikenal oleh orang banyak sebagai ahli pikir yang melebihi siapapun juga pada masanya. [5] Parmenides merupakan logikawan pertama dalam pengertian modern. Sistmnya secara keseluruhan disandarkan pada deduksi logis, tidak seperti Heraclitus, misalnya, yang menggunakan intuisi. Menurut penuturan Plato, pada usia 65 tahun ia bersama Zeno berkunjung ke Athena untuk berdialog deng