Langsung ke konten utama

Pluralisme

Pluralisme
Oleh: Yudi Setiadi[1]

Pluralisme agama merupakan paham yang merupakan paham yang menyebarkan pemahaman tentang kesetaraan agama. Menurut mereka, semua agama tidak boleh mengklaim bahwa agamanya adalah kebenaran mutlak dari Tuhan.

Dalam praktiknya, mereka memaksakan kehendak kepada setiap penganut agama untuk mengakui kebenaran agama lain. Hal inilah yang menjadi fokus utama pembahasan kelompok ini.

Agak sulit seperti kita mengkaji paham pluralisme agama. Hal itu dikarenakan tidak ada definisi yang pasti tentang pluralisme agama. Jikalaupun ada, definisi terlalu bias bahkan bisa dikatakan abstrak.

Salah satu tokoh pluralisme agama di  Indonesia mengatakan bahwa ada tiga sikap dialog agama yang diambil. Pertama, ekslusifisme dalam melihat agama lain cenderung menyalahkan selain dari agama yang mereka anut. Kedua, inklusifisme, yang memandang agam lain sebagai bentuk implisit agamanya. Ketiga, pluralism mengatakan bahwa bukan hanya agamanya saja yang memiliki kebenaran namun agama lain juga memiliki kebenaran yang tidak bisa digugat.

Sebagian orang kelompok pluralisme agama bahkan memandang agama sebagai bentukan dari sebuah kebudayaan sekitar. Agama hanya bentuk refleksi spiritualitas orang-orang yang berada di suatu daerah yang bersifat relatif.

Jikalau penulis boleh simpulkan, tujuan utama mereka adalah mendoktrin manusia agar mengakui kebenaran agama lain yang berjung pada penyatuan semua agama dan kepercayaan. Mereka menginginkan suatu mansyarakat yang dapat mentoleransi agama lain.

Namun, paham mereka yang menginginkan masyarakat yang menjunjung toleransi, hanya berada ranah keinginan. Jika;au kita teliti kembali, tanpa adanya paham pluralisme agama, sebenarnya semua agama tidak terlalu mempermasalahkan agama lain. Contohnya Islam. Dalam ajaran agama Islam memang semua penganutnya dianjurkan untuk mengajak orang lain untuk memeluk agama Islam, namun perlu digarisbawahi, bahwa Islam tidak pernah memaksakan manusia untuk masuk dalam agama Islam.

Jika pluralisme menginginkan toleransi, maka cukuplah bagi mereka menjalankan ajaran agama yang mereka anut tanpa ikut campur urusan agama lain. Jika mereka ikut campur ajaran agama lain, maka hal itulah yang disebut tidak toleransi.

Toleransi yang diinginkan dalam ranah sosial masyarakat, maka cukuplah berbuat baik seperti yang diajarkan agama masing-masing tanpa harus memaksa orang membenarkan agama lain.

Selain memaksakan untuk mengakui kebenaran agama lain, kelompok pluralisme agama juga menganggap bahwa ajaran agama hanya sebuah jalan menuju Tuhan Yang Esa. tanpa melakukan ajaran agamapun –misalkan solat dalam Islam- manusia dapat bermeditasi dan merenung untuk mendapatkan ketenangan. Karena tujuan dari menajalankan ajaran agama adalah mendapatkan ketenangan.

Nampaknya perlu ada koreksian dengan pemahaman tersebut. Jiakalau benar mendapatkan ketenangan, perlu ditanyakan apakah ketenangan itu berasal dari Tuhan Yang Esa atau bukan.

Penulis berkesimpulan, bahwa Pluralisme agama merupakan suatu tindakan yang tidak toleranis dalam ranah kepercayaan terhadap agama. Jargon yang mereka usung yakni “Toleransi Agama” sepertinya hanya sebagai kepentingan sekelompok orang.

Toleransi memang perlu, namun hanya dalam ranah sosial masyarakat. Adapun jika menginginkan toleransi dalam ranah agama, hanya pada batas menghormati ajaran agama lain dan tidak mengolok-olok yang dipercaya oleh mereka.


[1] Mahasiswa Tafsir Hadits, Fakultas Ushuluddin, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham al-Sharfah

Paham al-Sharfah Oleh: Yudi Setiadi [1] Al-Sharfah terambil dari kata  صرف ( Sharafa ) yang berarti ‘memalingkan’; dalam arti Allah Swt. memalingkan manusia dari upaya membuat semacam al-Qur’an, sehingga seandainya tidak dipalingkan, maka manusia akan mampu. Dengan kata lain, kemukjizatan al-Qur’an lahir dari faktor ekternal, bukan dari al-Qura’an sendiri. [2]             Ada sebagian pemikir yang mengakui ketidakmampuan manusia menyusun semacam al-Qur’an. Menurut mereka, ini bukan disebabkan oleh keistimewaan al-Qur’an, tetapi lebih disebabkan adanya campur tangan Allah Swt. dalam menghalangi manusia membuat semacam al-Qur’an. Paham ini menamai mukjizat al-Qur’an dengan Mukjizat al-Sharfah . [3] Menurut pandangan orang yang menganut al-Sharfah, Cara Allah Swt. memalingkan manusia ada dua macam. Pertama , mengatakan bahwa semangat mereka untuk menantang dilemahkan Allah Swt. Kedua , menyatakan bahwa cara Allah Swt. memalingkan adalah dengan cara mencabut pengetahuan dan ra

منظومة البيقونية (Manzumat al-Baiquniyah) matan dan terjemahan

أَبْـدَأُ بِالحَمْـدِ مُـصَلِّياً علـى * مُحَمَّــدٍ خَيْرِ نَبيِّ أُرْسِلا Aku memulai dengan memuji Allah dan bershalawat atas Muhammad, nabi terbaik yang diutus وَذي مـنْ أقسـامِ الحَديثِ عِدَّهْ * وَكُـلُّ وَاحِـدٍ أَتَى وَعَـدَّهْ Inilah berbagai macam pembagian hadits.. Setiap bagian akan datang penjelasannya أَوَّلُهَا الصَّحِيحُ وَهُـوَ مَا اتَّصَـلّْ* إسْنَادُهُ وَلَمْ يَشُـذَّ أَوْ يُعَـلّْ Pertama hadits shahih yaitu yang bersambung sanad nya, tidak mengandung syadz dan ‘illat يَرْويهِ عَدْلٌ ضَـابِطٌ عَنْ مِثْلِـهِ  * مُعْتَمَـدٌ فِي ضَبْطِهِ وَنَقْلِـهِ Perawi nya ‘adil dan dhabith yang meriwayatkan dari yang semisalnya (‘adil dan dhabith juga) yang dapat dipercaya ke-dhabith-an dan periwayatan nya وَالحَسَنُ المَعْروفُ طُرْقـاً وَغدَتْ * رِجَالَهُ لا كَالصَّحِيحِ اشْتَهَرَتْ (Kedua) Hadits Hasan yaitu yang jalur periwayatannya ma’ruf.. akan tetapi perawinya tidak semasyhur hadits shahih وَكُلُّ مَا عَنْ رُتْبَةِ الحُسْنِ قَصُـرْ * فَهُوَ

Filsafat Parmenides

Filsafat Parmenides Oleh: Yudi Setiadi [1] Biografi Parmenides Parmenides   adalah seorang   filsuf   dari   Mazhab Elea .   Arti nama Parmenides adalah "Terus Stabil", atau "Penampilan yang stabil". Di dalam Mazhab Elea, Parmenides merupakan tokoh yang paling terkenal. [2] Parmenides dilahirkan di kota Elea, Italia Selatan. Ia lahir sekitar tahun 540 SM. [3] Sumber lain mengatakan bahwa ia lahir sekitar tahun 450 SM. [4] Dalam kota tempat lahirnya ia dikenal sebagai orang besar. Ia ahli politik dan pernah memangku jabatan pemerintahan. Tetapi bukan karena itu namanya dikenal. Ia dikenal oleh orang banyak sebagai ahli pikir yang melebihi siapapun juga pada masanya. [5] Parmenides merupakan logikawan pertama dalam pengertian modern. Sistmnya secara keseluruhan disandarkan pada deduksi logis, tidak seperti Heraclitus, misalnya, yang menggunakan intuisi. Menurut penuturan Plato, pada usia 65 tahun ia bersama Zeno berkunjung ke Athena untuk berdialog deng